Cara Merawat Kulit Secara Alami Agar Kulit Putih dan Lembut

Kali ini saya akan berbagi tulisan tentang cara merawat kulit secara alami agar kulit putih dan lembut. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa kulit adalah bagian terluar dari tubuh kita. Ada beberapa lapisan yang ada di dalam kulit, yaitu lapisan jaringan ektodermal dan manjaga otot-otot, tulang, ligamen dan organ internal di bawahnya. Dan perlu diketahui bahwa kelit adalah organ terbesar yang ada dalam tubuh kita.

Cara Merawat Kulit Secara Alami

Untuk manusia dewasa, kulit umumnya memiliki luas permukaan antara 1,5-2,0 m2 dan sebagian besar mempunyai ketebalan antara 2-3 mm. Dan jika dirata-rata maka dalam 1 inchi persegi kulit memiliki 650 kelenjar keringat, 20 pembuluh darah, 60.000 melanosit, dan lebih dari 1.000 ujung saraf. Wow.. luar biasa bukan?

Gimana. Dari penjelasan yang saya sampaikan di atas maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kita harus melindungai dan merawat kulit kita dengan benar. Selain untuk menjaga penampilan dan kecantikan, kulit merupakan benteng pertama kita dari serangan virus dan bakteri.

Oke sekarang saya akan menjelaskan lapisan-lapisan yang ada pada kulit kita:

- Lapisan pertama adalah Epidermis, lapiran ini berfungsi sebagai penghalang dari infeksi dan lapisan ini tahan air.
- Lapisan ke-2 adalah Dermis, si dermis ini merupakan lapisan yang mempunyai fungsi sebagai lokasi untuk pelengkap kulit.
- Sedangkan lapisan yang ketiga dalah lapisan Hipodermis, lapisan ini merupakan lapisan yang paling akhir pada susunan lapisan kulit. Lapisan ini mempunyai fungsi diantaranya adalah mengatur atau mempertahankan suhu tubuh kita, penahan benturan dan sebagai penyimpan cadangan makanan.

Warna Kulit

Di negara kita Indonesia ada beberapa warna kulit, ada yang mempunyai warna kulit putih, hitam, coklat gelap, kuning dan sawo matang. Kenapa warna kulit kita bisa berbeda-beda, tidak lain dan tidak bukan perbedaan warna kulit itu disebabkan oleh sesuatu yang bernama pigmen melanin yang terkandung dalam tubuh kita.

Pigmen melanin ini mempunyai manfaat untuk melindungi sel-sel kulit agar tidak rusak jika terkana sengatan sinar ultraviolet matahari. Disini dapat disimpulkan bahwa semakin sesorang mempunyai pigmen melanin yang yang sedikit dalam tubuhnya maka kulitnya semakin tipis. Dan sebaliknya, jika seseorang memiliki banyak pigmen milanin maka kulitnya akan semakin hitam.

Sabun dan Kesehatan Kulit
Benda yang satu ini tidak bisa kita pisahkan dalam keseharian kita, mulai dari mencuci baju, mencuci piring maupun untuk mandi. Salah dalam memilih sabun mandi maka akan berakibat buruk pada kulit kita, untuk itu perlu hati-hati dalam memilih jenis sabun mandi agar kulit kita terjaga kesehatannya.

Dengan membersihkan kulit setiap hari dengan menggunakan sabun bisa menghilangkan mantel asam. Pencucian atau pembersihan yang berlebihan pada kulit kita bisa menyebabkan perubahan pada fungsi perlindungan dan stratum komeum, termasuk bisa mengganggu pH kulit.

Dengan rusaknya mantel asam dan perubahan pH bisa mengakibatkan kulit rentan akan infeksi. Apasih sebenarnya mantel asam ini? mantel asam adalah lapisan yang menyerupai lapisan film yang bersifat asam dan berfungsi sebagai perlindungan kulit kita.

Cara Memilih Sabun yang Tepat untuk Kulit Kita

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di pasaran terdapat banyak macam dan jenis sabun, untuk itu kita mesti berhati-hati dalam memilih jenis sabun. Dibagian ini saya akan menjelaskan jenis-jenis sabun dan kecocokannya dengan kulit kita sehingga anda bisa memilih sabun yang tepat untuk kulit kita.

- Foaming cleanser. Sabun jenis ini mampu membersihkan lebih sempurna. Pada umumnya pada kemasan tube sehingga mudah dibawa. Informasi lengkap bisa Anda baca pada kemasannya sehingga Anda tinggal memcocokkan jenis kulit Anda dengan tipe yang disediakan.

- Transparan soap. Sabun jenis ini mempunyai kadar yang ringan. Jenis sabun ini sangat cocok dipakai untuk semua jenis kulit. Sifatnya cepat larut sehingga cocok untuk pemakaian sehari-hari.

- Facial scrub. Jenis sabun ini memang mempunyai tekstur kasar berupa pasir. Fungsi utama dari jenis sabun facial scrub ini adalah mengangkat sel kulit kita yang sudah mati. Sebagai penambah informasi, sabun jenis ini tidak bisa digunakan setiap hari karena hal itu bisa mengakibatkan kulit kita bertambah kering dan kasar.

- Natural soap. Sesuai dengan namanya, jenis ini berbahan dasar ekstrak buah seperti lidah buaya, dan beberapa minyak atsiri yang baik dan sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit kita, sabun jenis ini boleh dikatakan sangat-sangat aman, terutama bagi Anda yang mempunyai alergi kulit atau mempunyai kulit sangat sensitif.

- Superfatted soap. Ini adalah jenis sabun yang biasanya mengandung gliserin, petroleum, dan beeswax yang juga berfungsi mencegah jerawat. Ada yang sepesial dari jenis sabun ini, yaitu sabun ini mengandung lemak baik yang bisa menormalkan kulit yang sangat kering.

- Acne soap. Hmm.. kayaknya sudah tidak asing lagi jenis sabun yang satu ini. Yup, bagi Anda yang mempunyai masalah dengan jerawat, sabun ini adalah pilihan yang paling tepat karena memang diformulasikan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Tetapi jangan terlalu sering menggunakan sabun ini, karena bisa mengakibatkan kuli kering, untuk itu Anda disarankan menggunakan pelembab setelah cuci muka.

Semoga artikel tentang cara merawat kulit alami bisa bermanfaat buat Anda. Jangan lupa untuk mempraktekkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Post a Comment

0 Comments