Bagaimana Proses Pembentukan Asam Urat Dalam Tubuh

Ketika tubuh menyerap berbagai nutrisi pada bahan makanan yang disebut purin, maka zat ini bisa rusak dalam tubuh. Purin akan menyebabkan pembentukan asam urat yang larut dalam darah, seharusnya asam urat yang terbentuk dalam tubuh keluar dari tubuh setelah melewati ginjal dan keluar bersama urin.
asam urat tinggi

Namun ketika ada bayak asam urat yang terbentuk dalam tubuh dan ginjal tidak sepenuhnya menyaring semua, maka asam urat akan terbentuk dalam aliran darah. Semakin banyak asam urat yang dihasilan maka bisa menyebabkan kristal asam urat terbentuk dalam jaringan sendi. Inilah yang menyebabkan sendi akan terasa sakit.

Dan penyebab asam urat yang pertama adalah :

1. Pola makan yang buruk

Pola makan yang buruk bisa berpotensi penyakit tingginya asam urat. Tapi kondisi ini bisa terjadi jika Anda sering mengkonsumsi seperti daging tinggi lemak, semua jenis makanan dari laut misalnya ikan, kerang, cumui-cumi, kepeting dan lain-lain.

Selain itu semua minuman yang banyak mengandung gula atau zat penamis dan juga minuman yang mengandung alkohol, semua minuman yang bersoda, semua minuman yang meningkatkan energi tubuh.

2. Berat badan yang berlebihan

Berat badan yang berlebihan bisa menyebabkan kadar asam urat yang tinggi. Hal ini disebabkan ketika ginjal tidak bisa menyaring semua racun dalam tubuh, termasuk purin yang berasal dari makanan maupun minuman.

3. Menderita penyakit tertentu dalam jangka panjang

Penyakit ini misalnya tekanan darah tinggi, penyakit diabetes, penyakit jantung, penyakit ginjal, strok, batu ginjal dan lain-lain.

Baca juga : Cara Alami Turunkan Penyakit Kadar Kolesterol Secara Aman

4. Penggunaan obat tertentu yang digunakan dalam jangka waktu yang panjang

Misalnya Anda mengkonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darah, minum obat untuk mengatasi kondisi kronis seperti transparasi jantung, ginjal dan oragan lain.

5. Mempunyai garis keturunan dari orang tua yang menderita penyakit asam urat

6. Lelaki yang memasuki usai pertengahan, yaitu pada usia 30 sampai dengan 55 tahun, dimana kadar asam urat dalam tubuh memang mengalami kenaikan secara drastis

7. Wanita yang masuk dalam tahap menopause, yang mana tubuh memang memproduksi asam urat dalam jumlah sangat tinggi

8. Anda memang sudah memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam beberapa waktu yang lalu.

Kondisi ini bisa terjadi terulang karena penggunaan obat hanya bersifat untuk mengendalikan saja. Untuk mencegahnya maka perlu melakukan diet khsus dengan mengkonsumsi makanan yang rendah purin.

Baca juga : Berikut 10 Ciri Asam Urat Tinggi yang Terjadi Pada Tubuh Kita

Post a Comment

0 Comments