Cara Alami Turunkan Penyakit Kadar Kolesterol Secara Aman

Penyakit hiperkolesterolmia atau penyakit kolesterol tinggi itu tidak memandang status sosial atau gender. Padahal penyakit ini bisa menimbulkan penyakit jantung koroner, stroke bahkan tekanan darah tinggi. Bahkan faktanya di Indonesia, orang-orang yang berumur 15 tahun ke atas hampir 30% mempunya kadar kolesterol dalam darah itu di atas normal. Padahal sebenarnya kolesterol itu juga penting buat tubuh.

Cara Alami Turunkan Penyakit Kadar Kolesterol Secara Aman

Oke, sekarang kita bahas mana kolesterol bermanfaat dan mana kolesterol yang berbaha buat tubuh. Kalau kita bicara hiperkolesterolmia ini mempunyai banyak faktor yang menjadi penyebabnya, seperti misalnya ada faktor keturunan yang bisa menyebabkan kolesterol itu meningkat dalam tubuh. Tapi tidak lupat juga bisa terjadi karena pola hidup dan pola makan kita.

Jika kita banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, itu tidak bagus buat tubuh. Meskipun kolesterol itu diperlukan oleh tubuh kita untuk membangun sel-sel tubuh kita agar bisa berfungsi secara normal. Selain itu juga kolesterol bisa membantu tubuh kita untuk menciptakan vitaman D, mengatur hormon dalam tubuh kita, kemudian digunakan juta untuk memproduksi asam empedu, bahkan digunakan untuk mencerna lemak.

Di dalam darah, kolesterol itu dibawa oleh protein. Jadi ketika kolesterol dan protein itu bergabung, maka keduanya itu disebut lipo protein. Dua jenis utama dari lipo protein itu ada yang namanya LDL atau kepadatan rendah. Kemudian itu biasa kita sebut dengan kolesterol yang jahat. Kemudian ada juga yang namanya HDL atau yang kepadatannya tinggi, dan inilah yang kita sebut kolesterol yang baik.

Fungsi LDL adalah mengangkut kolesterol dari hati menuju ke sel-sel yang membutuhkan, akan tetapi jika jumlahnya berlebihan maka bisa mengakibatkan pengendapan pada pembuluh darah. Sedangkan fungsi dari HDL adalah mengangkut kolesterol atau lemak yang berlebihan dari sel-sel tubuh ke dalam hati lagi. Sehingga di dalam hati, kolesterol akan dihancurkan dan dikeluarkan oleh tubuh melalui dalam bentuk kotoran.

Kalau misalnya Anda sedang diet untuk menurunkan kadar kolesterol, maka harus dibarengi dengan olahraga agar kolesterolnya tetap dalam ambang yang normal. Dan tentunya ada beberapa makanan yang bisa diimbangi agar kadar kolesterol tetap stabil dalam tubuh.

1. Strobery. Strobery mengantung anti oksidan yang luar biasa, dimana anti oksidan membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yang jahat. Berdasarkan riset dari universitas di Denmark, dnegan menkonsumsi strobery bisa mengurangi kolesterol yang buruk di dalam tubuh. Sedangkan jumlah HDL-nya tetap sama.

2. Minyak ikan. Selain itu kita juga bisa mengkonsumsi minyak ikan, dan minyak ikan ini disarankan untuk dikonsumsi dua kali dalam penyajian per hari.

3. Kacang pohon seperti almond. Kacang pohon itu adalah kacang yang tumbuhnya di pohon. Dengan mengkonsumsi kacang pohon ini mampu menurunkan kolesterol yang tinggi.

4. Bawang Putih. Bawang putih ini mengandung anti oksidan yang tinggi yang baik buat tubuh kita. Ini mampu membantu menyeimbangkan kadar lemak atau protein dalam darah.

5. Kunyit. Kunyit ternyata bisa membuat kadar LDL jadi turun.

Itu tadi cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments